17 Andikpas LPKA Tomohon Dapat Remisi di Hari Anak Nasional

by
Marla Santy Mait (kedua dari kiri) bersama staf LPKA Tomohon. (Foto: Istimewa)

Tomohon – Sebanyak 17 anak didik pemasyarakatan (Andikpas) yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tomohon, Senin (23/07/2018) mendapat remisi atau pengurangan masa tahanan di Hari Anak Nasional (HAN).
Koordinator Humas LPKA Tomohon, Marla Santy Mait SPsi mengatakan, pemberian remisi terhadap Andikpas di LPKA Tomohon sudah merupakan ketentuan yang sesuai dengan keputusan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly Nomor:MUHH-01.PK.01.04.12 Tahun 2018.
Marla mengatakan, pemberian remisi kepada narapidana merupakan perwujudan dan perlindungan dari hak asasi manusia sebagai salah satu sarana hukum yang penting dalam rangka mewujudkan sistem pemasyarakatan.”Selain itu, bahwa remisi hari anak diberikan kepada anak atas dasar kemanusiaan serta remisi dan narapidana anak diberikan remisi karena berkelakuan baik dan telah memenuhi kewajiban lainnya. Remisi yang diberikan ini mulai dari satu bulan hingga tiga bulan,” ujar Marla.
Marla menambahkan, dalam HAN tersebut selain remisi bagi 17 Andikpas, juga ada 1 Andikpas mendapatkan remisi bebas, sehingga setelah menyelesaikan semua proses administrasi Andikpas tersebut bisa pulang dan berkumpul dengan keluarganya.

Penulis: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *