15.000 Personil Jaga Keamanan Pemilu di Sulut

by

Manado — Kepolisian Daerah Sulawesi Utara (Polda Sulut) akan menurunkan sebanyak 2700 personil untuk mengamankan Pemilu Presiden, Legislatif dan DPD pada 17 April 2019 mendatang.

Kapolda Sulut Irjen Pol R. Sigit Tri Hardjanto menegaskan, kekuatan itu hanya untuk anggota Polri belum termasuk TNI dan Satuan lain yang ikut bersama mengamankan Pemilu mendatang.

Kapolda mengatakan, setelah apel kesiapan Pemilu akan dilanjutkan apel ditingkat Kelurahan dan Kecamatan agar tahapan Pemilu di setiap tempat pemungutan suara (TPS) bisa berjalan dengan aman, tertib, lancar, damai dan kondusif.

“Kita tidak ingin ada gangguan maka semua harus dipersiapkan, apa lagi di Sulut ada wilayah perbatasan sehingga kita harapkan semua siap untuk mengantisipasi hal buruk yang tidak ingin terjadi,” tegas Kapolda usai memimpin apel Gelar Pasukan Pam Pemilu di lapangan Koni Sario Manado pada Jumat (22/3/2019).

Kalpolda Sulut bersama Gubernur saat memberikan keterangan pers kepada awak media di lapangan Koni Sario Manado pada Apel Gelar Pasukan Pam Pemilu Jumat (22/3/2019). (Foto: Ishak Kusrant)

Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang hadir dan memberikan arahan mengatakan, jumlah TPS di Sulut sekitar 7315 TPS dan jumlah seluruh personil gabungan TNI/Polri sebanyak 15.000 personil, sehingga kita yakin pelaksanaan Pemilu 17 April mendatang bisa berjalan dengan aman dan lancar sesuai yang kita harapkan.

“Saya menghimbau masyarakat jangan Golput, mari kita semua menggunakan hak pilih dan memilih di TPS, dan semua masyarakat harus bisa memilah, dan berbondong-bondong ke TPS,” kata Gubernur Olly Dondokambey.

“Karena itu pihak KPU harus menyebarkan undangan memilih dan semua masyarakat harus bisa memilih,” Imbuhnya.

Dalam apel kesiapan Pam Pemilu, turut diperagakan antisipasi penanganan unjuk rasa dan terorisme yang melibatkan semua unsur dan organisasi masyarakat (Ormas) yang di hadiri oleh seluruh Forkopimda Sulut  serta Wali kota Manado GS Vecky Lumentut dan jajaran KPU Serta Bawaslu Manado dan Provinsi.

Penulis: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *